Laman

Senin, 18 April 2011

Asteroid berkekuatan 15 kali bom atom melintasi bumi

Sebuah asteroid berkekuatan 15 kali bom atom melintasi bumi kemarin malam. Asteroid yang melintas pada jarak sepuluh kali jarak bumi ke bulan atau sekitar 2 juta mil.

Para astronom dari Observatorio Astronomico de Mallorca di Andalusia, Spanyol sudah memprediksi kedatangan asteroid tersebut sejak Senin lalu. Pada saat itu, asteroid yang diberi nama Asteroid 2011 GP59 seperti melihat melihat batu berbentuk cerutu "melesat" melalui ruang angkasa.

Awalnya para astronom bingung karena asteroid yang satu itu 'berkedip-kedip". Namun mereka memahami asteroid itu berkedip lantaran benda angkasa itu meluncur sambil berputar di suasana langit yang gelap dan bentuknya panjang sehingga agak mengaburkan pandangan.

Mereka mengkalkulasi apabila asteroid yang panjangnya 50 meter itu sampai menghantam bumi, ia dapat menghancurkan sebuah negara kecil.

Astronom Don Yeomans dari Nasa mengatakan hingga saat ini mereka telah mengidentifikasi lebih dari 3.000 asteroid. Batu luar angkasa yang terakhir menghantam bumi, kata dia, terjadi di Indonesia pada 8 Oktober 2009.

Asteroid yang jatuh di Bone, Sulawesi Utara itu diperkirakan berukuran sekitar 10 meter dan memiliki kekuatan ledakan 50 kiloton TNT atau sekitar 3 kali ledakan bom atom. Source: Tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkoar pada setiap postingan

Artikel lainnya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...