Laman

Rabu, 24 November 2010

Jenis-jenis jaringan komputer

Kali ini Saya akan mencoba menjelaskan tentang Jaringan komputer. Jaringan komputer meliputi 3 jenis, yaitu :

  • LAN (Local Area Network)
Adalah suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi dalam area kerja tertentu. Jaringan ini umumnya digunkan dalam skala yang lebh kecil, seperti kantor, laboratorium komputer, gedung, sekolah, rumah, universitas, dan lain-lain. Sebaiknya jarak jaringan tidak lebih dari 1 KM, karena akan mengurangi kecepatan transfer datanya.

  • MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah suatu jaringan komputer yang mempunyai area kerja antarkota di dalam satu provinsi. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota,gedung, dan kantor pusat yang masih bisa dijangkau oleh jaringan ini. Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan yang lebih besar, seperti jaringan Dindik Banten yang bisa menghubungkan dengan Dindik Cilegon.

  • WAN ( Wide Area Network )
Adalah suatu jaringan komputer yang jangkauannya meliputi antarprovinsi bahkan antarnegara.Jaringan ini menggunakan satelit atau kabel bawah laut.Misalnya, pada jaringan WAN Kedutaan Besar Republik Indonesia di Inggris bisa berhubungan langsung dalam beberapa menit dengan kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara lainnya.

Itulah 3 jenis jaringan komputer.Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkoar pada setiap postingan

Artikel lainnya


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...